DPRD Berharap Tapal Batas Riau-Sumut Segera Dituntaskan

693 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemerintah pusat diharapkan segera menyelesaikan penetapan tapal batas wilayah antara Riau-Sumut. Belum tuntasnya penetapan tapal batas ini menjadi salah satu pemicu terjadinya konflik di Desa Batang Kumu, Kecamatan Tambusai, Rokan Hulu belum lama ini.


Ketua DPRD Riau M Johar Firdaus MSi kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan, pihak yang berwenang untuk menyelesaikan masalah tapal batas ini adalah pemerintah pusat. Karena itu dia minta kepada pemerintah pusat untuk segera menuntaskannya.

Johar menyebutkan, dari informasi yang diterimanya dari daerah, Gubernur Riau telah mengadakan pembicaraan masalah tapal batas dengan Gubernur Sumut, terkait upaya penyelesaiannya. “Tentunya kita berharap penyelesaiannya secepatnya terjadi,” ungkapnya.

Menurut dia, sejak tahun 1998 sampai sekarang kawasan perbatasan antara Rokan Hulu dengan Tapanuli Selatan ini sangat rawan terjadi konflik horizontal. Jadi jika masalah tapal batas ini dituntaskan dia yakin konflik tersebut tidak akan teradi lagi.(ad)

Posting Terkait