Distamben Riau Anggarkan Genset Untuk Keperluan Pedesaan

620 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Selama ini ada kesan pengadaan listrik lebih terfokus di daerah perkotaan, sehingga banyak masyarakat desa belum menikmati penerangan listrik. Berkaitan hal itu pihak Distamben Riau akan terus mengadakan listrik untuk wilayah pedesaan di Riau. 

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Riau, M Yafiz dalam keterangannya di Pekanbaru mengatakan, pihaknya saat ini sedang memprogramkan mengadakan genset untuk 11 desa di tiga kabupaten di Riau. “Kami mengganggarkan pengadaan gensetnya, sedangkan untuk jaringannya kita minta kepada kabupaten/kota,” ujar Yafiz.

Anggaran yang diperuntukkan untuk genset lisdes (listrik pedesaan) ini mencapai Rp4 miliar yang dipergunakan untuk mesin genset dan rumah gensetnya. Sedangkan untuk jaringan tegangan menengah/rendah (JTM/R) diminta kepada kabupaten/kota.

Untuk tahun 2007, tiga kabupaten yang desa-desanya akan dialiri listrik pedesaan ini adalah Rohul, Inhu dan Inhil. Di Rohul, desa yang mendapatkan lisdes adalah Desa Bangun Jaya dan Tanjung Medan Kecamatan Tambusai Utara, dan Desa Pendalian Kecamatan Rokan IV Koto.

Di Inhu, desa yang mendapatkan program lisdes antara lain adalah Desa Pematang Jaya Kecamatan Rengat Barat, Desa Pulau Gelang Kecamatan Kuala Cinaku, Desa Selunak dan Desa Sukamaju Kecamatan Batang Peranap.

Sedangkan di Inhil, desa yang mendapatkan program lisdes adalah Desa Kuala Patah Arang Kecamatan Sungai Batang, Desa Sungai Bela Kecamatan Kuala Indragiri, Desa Harapan Tani Kecamatan Kempias, dan Desa Bakau Aceh Kecamatan Mandah.

Program ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya Distamben Riau. Menurut Yafiz, kendati mungkin sedikit-demi sedikit, pihaknya berharap pedesaan di Riau dapat menikmati listrik minimal untuk keperluan sederhana. Makanya sejak beberapa waktu yang lalu program ini diadakan untuk pedesaan.(Ad)

Posting Terkait