Dispenda Kumpulkan 70% PAD Provinsi Riau

PEKANBARU (RiauInfo) – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) provinsi Riau telah mendapatkan 70% Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhitung per September tahun ini. Penghasilan tertinggi diperoleh dari pajak kendaraan bermotor di Riau. Dengan catatan sementara pada September itu, Dispenda optimis akan memenuhi target PAD memenuhi APBD Riau mencapai 4,2 triliun rupiah tahun ini. 

Asmawi Mukrie SH yang menjabat Kepala Dispenda provinsi Riau, didampingi Kasubdin Perimbangan, Irfan Tasbih SE, MM dan Kabag TU, Tengku Rizal mengatakan hal itu kepada wartawan usai acara Halal bi Halal di lingkungan Dispenda Riau, Jumat (17/10) ini. Menurut Asmawi, penghasilan Asli Daerah yang tertinggi diperoleh dari pajak kendaraan bermotor (PKB) dan BBNKB (Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor).

Asmawi mengatakan belum sepenuhnya penghasilan dari pajak kendaraan bermotor terakomodir oleh Dispenda saat ini. Sejalan dengan terus meningkatnya jumlah kendaraan di Riau, Dispenda Riau berharap peran pro aktif kesadaran masyarakat membayar pajak kian meningkat untuk mencapai target PAD Riau tiap tahunnya. Namun Dispenda akan selalu mengupayakan peningkatan pemasukan PAD Riau dari sektor lain seperti pajak badan usaha serta pajak air bawah tanah.(Surya)

Rizki: