Diskominfo Gelar Forum Komunikasi Informasi Kehumasan

615 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dinas Komnunbikasi Informatika dan Pengolahan Dat Elektronik (Diskominfo PDE) Provinsi Riau, Rabu (25/11) menggelar Forum Komunikasi Informasi Kehumasan bertema “Peran Kehumasan Dunia Pendidikan Penyonsgong Era Keterbukaan Infomasi”.

Kegiatan ini menghadiri sejumlah nara sumber, diantaranya dari Depkominfo Jakarta, Telkom dan Dinas Pendidikan Riau yang dihadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Kadis Diknas) Provinsi Riau, Irwan Effendi.

Kepala Diskominfo PDE Riau, Hj Indrawati Nasution SE aat membuka acara ini mengatakan sebagai mana diketahui penguasaan Informasi Teknologi (IT) menjadi hal yang wajib bagi bidang kehumasan dalam pemerintah apalagi di dunia pendidikan.

“Karenanya Humas harus mengetahui berbagai perkembangan dunia, khususnya daera,” ungkap dia. Selain itu Humas juga dituntut untuk pro aktif untuk menciptakan citra positif pemerintahan di mata masyarakat.

Untuk itu diperlukan upaya dalam meningkatkan minat, kemauan dan kemampuan aparatur/pendidik/guru/dosen apalagi masyarakat. Dalam menarik manfaat teknologi komunikasi dan informasi, ternyata sudah dinikmati oleh banyak negara untuk meningkatkan kualitas kehidupan sosial dan kehidupan ekonomi mereka.

Dikatakannya, teknologi sudah mampou merubah pola sikap dan bahkan memberikan banyak kemudahan untuk mengetahui berbagai hal. Dengan menfaatkan e-government, e-education, e-learning, dan e lainya, maka nantinya semua urusan pemerintah maupun dua peneidikan menjadi less paper.

“Ke depan informasi bisa langsung dakses secara online melalui internet, bisa juga dengan pemanfaatan media penyimpanan seperti CD, DVD, hardisk, HP dan Flash Disk yang semakin praktis penggunaannya,” ungkap Indrawati lagi.

Melalui Forum Komunikasi Informasi Kehumasan ini, dia berharap para narasumber dari Depkominfo bisa menjelaskan tentang kesiapan Depkominfo menghadapi undang-undang Keterbukaan Informasi yang akan diaplikasikan di awal tahun 2010.(ad)

 

Posting Terkait