DISELA MUSIM HUJAN… Dua Provinsi Korban Karhutla di Sumatera

661 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terjadi di sejumlah provinsi di wilayah Pulau Sumatera Sabtu (10/01/2009) ini. BMG menilai Karhutla menyala di wilayah Nangroe Aceh Darussalam (NAD) dan wilayah Provinsi Sumatera Utara. Sedangkan wilayah Provinsi Riau dan provinsi lainnya terbebas dari Karhutla hari ini. 

Rekaman Satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 mencatat 7 titik Karhutla tersebar di antara provinisi Aceh dan Sumut. Namun BMG Pekanbaru belum bisa memastikan posisi Karhutla untuk ke dua wilayah tersebut.

Staf analisa Marzuki mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau mengatakan, Karhutla muncul akibat sejumlah wilayah provinsi mengalami cuaca cerah berawan pada siang harinya seperti yang dialami Aceh dan Sumut tersebut hari ini.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) menyatakan, peluang hujan ringan hingga sedang telah memadamkan Karhutla di wilayah Riau dan provinsi lainnya di Sumatera. Rekaman satelit NOAA 18 mencatat hanya ada 7 titik Karhutla tersebar di wilayah Provinsi Aceh dan Sumut. Sehingga jumlah Karhutla hanya 7 di Sumatera hari ini.(Surya)

Posting Terkait