DARI NIX 2009… Tren Pasar IT Masih Kalangan Pemerintah

PEKANBARU (RiauInfo) – Pasar produk Informasi Teknologi (IT) masih banyak adari kalangan pemerintah dibanding kalangan swasta atau masyrakat umum. Hal ini merupakan prospek yang selalu menjadi tren pasar IT di sejumlah provinsi atau kota di Indonesia. Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkindo) Riau Ridwan mengatakan, permintaan produk IT dari kalangan pemerintah juga tergolong tinggi di Riau, khusunya di Kota Pekanbaru.

Ridwan menilai, kalangan pemerintah saat ini lebih banyak membutuhkan produk IT secara organisasinya. Sedangkan secara personal masih sama dengan kalangan umum. Kalangan swasta seperti perusahaan besar di Riau juga membutuhakan produk IT secara organisasi.

Menurut Ridwan yang juga sebagai ketua Pelaksana Nasional IT Expo 2009 atau NIX 2009 yang berlangsung di Pekanbaru ini, pengenalan IT bagi kalangan umum merupakan program pemerintah. Sehingga permintaan produk IT tercatat dari berbagai sekolah.

“Pemerintah memprogramkan seluruh masyarakat pelosok desa yang ada di Indonesia sudah mampu mengaplikasikan internet pada 2010 mendatang. Sehingga pengenalan komputer dan internet sebagai produk IT telah sampai ke sejumlah pelosok desa di Indonesia melalui internet di sekolah-sekolah. Program pemerintah ini bukanlah suatu yang mustahil dicapai, karena pemerintah telah mewajibkan fasilitas internet bagi sekolah setingkat SMP,”ungkap Ridwan pada acara NIX 2009, Jumat (24/04/2009) di Pekanbaru.

Sedangkan Apkindo sendiri akan meningkatkan jumlah pameran, seminar, lokakarya dan event lainnya yang akan menumbuhkan minat masyarakat tentang IT.

“Apkindo sendiri ke depan akan meningkatkan berbagai acara untuk mensosialisasikan IT kepada masyarakat dalam rangak mendukung program pemerintah juga,”ungkap Ridwan.(Surya))

 

Rizki: