CPI Buka Pendaftaran Mahasiswa Magang Angkatan VIII

594 views

PEKANBARU (RiauInfo) – PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) kembali membuka kesempatan magang bagi mahasiswa-mahasiswa terbaik Riau melalui program bertajuk Cooperative Education Program (Co-op), atau Belajar Bekerja Terpadu (BBT). Program BBT angkatan VIII ini akan merekrut 67 mahasiswa yang bakal ditempatkan di berbagai departemen di kantor CPI Rumbai, Minas, serta Duri.


’’Program ini merupakan peluang bagus bagi para mahasiswa untuk mempraktikkan teori yang telah didapatkan di bangku perkuliahan dan mempelajari implementasinya di dunia kerja. Program ini merupakan salah satu bentuk upaya CPI untuk turut berkontribusi terhadap peningkatan kualitas SDM di Riau,’’ tutur Imamul Ashuri selaku Manager Policy, Government, and Public Affairs (PGPA) CPI Rumbai. Pendaftaran Program BBT angkatan VIII dibuka mulai 11 Agustus hingga 12 September 2011.

Calon peserta yang berminat dapat mendaftarkan diri ke kantor Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Riau (P2K2 UR) yang beralamatkan Jl. Pattimura Kampus Universitas Riau Gobah, Pekanbaru, telepon (0761) 37556. P2K2 UR merupakan mitra CPI dalam proses seleksi Program BBT.

Kuota mahasiswa peserta BBT pada tahun ini meningkat dibandingkan sebelumnya. ’’Tahun lalu, kami menampung 53 mahasiswa,’’ jelas Project Manajer BBT Srie Rukmini yang didampingi Sapaat dari Government Relations CPI.

Mahasiswa yang diseleksi berasal dari Universitas Riau (UR), Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas Lancang Kuning (Unilak), Universitas Islam Riau (UIR) dan Politeknik Caltex Riau (PCR). Jurusan yang dapat mengikuti seleksi adalah Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi, Teknik Komputer, Teknik Kimia, Teknik Sipil, FMIPA Kimia, Hukum, Komunikasi, Bahasa Inggris, Teknik Telekomunikasi, Teknik Multimedia, Manajemen Informatika & Komputer (D3), D3 Perpajakan, Teknik Elektro (D3-S1), Sosiologi, dan Psikologi Industri. Para mahasiswa yang terpilih nanti akan ditempatkan di bagian Keuangan; Medical; Personalia; Policy Government, and Public Affairs (PGPA), Supply Chain Management (SCM).

Sebelum mendaftar, para calon peserta sudah harus menyelesaikan teori di perkuliahan atau minimal 110 SKS, memiliki IPK minimal 3 untuk jurusan ilmu sosial sedangkan jurusan teknik dan sains minimal 2,75, serta memiliki nilai TOEFL minimal 450. Tahapan proses seleksi berupa seleksi administratif, tes tertulis (pengetahuan komputer, bahasa Inggris, dan pengetahuan umum) pada 13 September, dan wawancara pada 15 September. ’’Calon peserta akan diwawancarai oleh pihak CPI, terutama dari tim yang akan menjadi tempat mahasiswa tersebut magang,” lanjut Srie.

Peserta yang terpilih nanti akan mulai menjalani Program BBT pada 19 September. Mereka akan menggantikan peserta periode sebelumnya yang akan berakhir pada 23 September 2011. “Peserta BBT akan bekerja sekaligus menimba ilmu di CPI selama maksimal enam bulan,” papar Srie.

Sejak diintensifkan secara rutin pada 2006, Program BBT telah menjaring lebih dari 300 mahasiswa. Setelah mengikuti dan mendapatkan pengalaman dari program ini, mereka bekerja di berbagai perusahaan di antaranya perbankan, perkebunan nasional, perusahaan migas nasional maupun internasional, pegawai negeri sipil, institusi keuangan pemerintah pusat di Jakarta, serta perusahaan-perusahaan lain yang bonafide.

“Data base alumni Program BBT ini akan terus kami pantau untuk mengukur manfaat dan keunggulan program ini dalam meningkatkan soft skill dan pembelajaran lainnya di dunia kerja nyata serta dapat mengurangi masa tunggu mencari kerja ketika mereka selesai masa BBT dan diwisuda di kampus,” ucap Srie.(rls/zas)

Posting Terkait