CAPAI PULUHAN RIBU EKOR… Babi Ternak Terbanyak di Pekanbaru dan Rohil

1683 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Populasi babi ternak terbanyak berada di Kota Pekanbaru dan daerah Kabupaten Rokan Hilir. Kota Pekanbaru mempunyai sekitar 11.884 ekor babi ternak dan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sekitar 12.277 ekor populasi babi ternak. Dinas Perternakan Provinsi Riau menyatakan masih melakukan pengawasan terhadap populasi ternak babi tersebut menyusul belum adanya kasus flu babi di Riau.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Riau Patrianov mengatakan, pengawasan dilakukan melalui dinas perternakan dan pihak terkait di masing-masing daerah. Sehingga input data dan penanganannya akan lebih mudah dengan koordinasi tenaga setempat.

Disnak Riau menayatkan, karena kasus flu babi masih belum ada di Riau, maka masayarakat diberharap tidak memiliki kecemasan terhadap wabah ini di Riau. Namun Disnak akan terus melakukan pengawasan terhadap gejala ternak babi yang ada di Riau. Selain melakukan pengawasan terhadap jumlah dan gejala ternak babi lokal, Disnak juga melakukan pengawasan jumlah dan kondisi ternak babi yang masuk ke Riau.

Disnak Riau menegaskan sedikitnya ada 2.500 ekor babi melakukan transit di Riau dalam sebulan. Pengawasan dini dilakukan adalah melihat grafik peningkatan jumlah babi yang ditransit. Karena jika jumlahnya menimgkat, maka bisa menjadi indikasi tertentu untuk diselidiki.

Sementara, selain kota Pekanbaru dan Kabupaten Rohil, populasi ternak babi juga berada di daerah Bengkalis sekitar 3 ribuan ekor, Dumai lebih dari 7 ribu ekor, Siak sekitar 2.400 ekor, Pelalawan hanya 124 ekor dan Rohul sekitar 2.214 ekor.(Surya)

 

Posting Terkait