Bupati Ingatkan Nelayan Bengkalis Waspada

726 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Bupati Bengkalis, H Syamsurizal mengingatkan seluruh nelayan di daerah ini, khususnya yang menangkap ikan di sekitar perairan Selat Malaka untu senantiasa waspada. Sikap kehati-hatian itu diperlukan, karena menurut informasi dari BMG Pekanbaru, saat ini di perairan tersebut ketinggian gelombang dan kecepatan angin cukup tinggi. 

Peringatan itu, tidak hanya diperuntukan bagi nelayan, kapal-kapal kecil lainnya juga diminta untuk selalu waspada. Dikatakannya, sesuai informasi yang didapatnya, ketinggian gelombang di perairan Riau seperti di Dumai, Bengkalis dan Selat Melaka mencapai 1,5 meter. Padahal, normalnya di bawah 0,5 meter.

“Karena itu, semua pihak khususnya pengelola tranposrtasi air termasuk dan nelayan untuk senantiasa selalu waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Seperti terjadinya gelombang besar dan tiupan angin yang sangat kencang,” kata Syamsurizal, Sabtu (28/12).

Sesuai informasi dari BGM, katanya, saat ini, ketinggian gelombang juga dipengaruhi oleh kencangnya tiupan angin. “Menurut BMG, rata-rata tiupan angin 10 knot per jam. Namun pada kondisi tertentu bisa mencapai 20 knot per jam. Karena itu, harus selalu waspada,” katanya.(ad/rls)

 

Posting Terkait