BPPT SEBAR NACL… Hujan Buatan Warnai Riau Seharian

713 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hujan yang mendera wilayah Provinsi Riau, seperti di Kota Pekanbaru sejak pagi tadi rupanya hujan buatan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dari pemerintah pusat. Proyek ini baru diketahui dari laporan yang masuk ke BMG Pekanbaru.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru menyatakan, pihaknya telah menrima laporan bahwa akan ada hujan buatan pada Minggu (15/03/2009) ini di Riau. Dalam laporan tersebut sebenarnya pihak BPPT telah melakukan hujan buatan sejak dua hari silam.

Staf analisa Ardhitama mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dologsaribu mengatakan, dengan adanya hujan buatan ini, cuaca Pekanbaru dan Riau secara umumnya mengalami hujan yang bersifat lokal. Secara normal, cuaca Riau sebenarnya hanya berpeluang awan dengan intensitas hujan ringan.

Hujan buatan tersebut dibentuk dengan penyebaran unsur Natrium dan Clorida (NaCl) ke wilayah udara tertentu menggunakan pesawat. NaCl ini akan menambah pembentukan gumpalan awan yang sarat akan hujan. Sehingga cuaca Riau yang memang banyak berawan hari ini berubah lebih cepat menurunkan hujan di sejumlah wilayah sebaran NaCl tersebut.

“BMG telah diberitahu oleh BPPT tentang hujan buatan pada hari ini. Namun kita tidak mengetahui wilayah yang menjadi fokus kegiatan hujan buatan tersebut,”ungkap Ardhitama kepada RiauInfo di Pekanbaru.(Surya)

Posting Terkait