BMG: Perluasan Titik Api di Riau Kian Ekstrim

584 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Cuaca panas dan temperatur tinggi kembali mendongkrak titik api di sejumlah provinsi Sumatera. Di provinsi Riau sendiri masih terbanyak punya hotspot yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan tersebut. Sedikitnya 10 wilayah daerah Riau menyala titik api hari ini. Duh..!

Berdasar data Badan Meteorologi dan Geofisika, Minggu (15/06) melaporkan hasil rekaman satelit NOAA 18 menangkap 80 titik api di wilayah Sumatera. Di provinsi Riau sendiri ada 28 titik api yang tersebar di kota Pekanbaru satu titik. Kabupaten Rohil, Bengkalis, Siak, Kuansing dan Inhil masing-masing menyala dua titik api.

Di kabupaten Rohul dan Inderagiri Hulu masing0-masing menyala 3 titik. Kabupaten terbanyak menyala titik apinya adalah kabupaten Pelalawan dengan 12 titik. Sehingga jumlah total Hotspot di Riau hari ini seluruhnya menjadi 28 titik.

Selain kelembaban udara masih rendah dan temperatur tinggi maksimum mencapai 33.5’C, wilayah Riau juga masih sangat sedikit peluang hujannya. Bahkan BMG mencium peluang hujan di wilayah Riau boleh dikata tidak ada.

Sementara itu, provinsi lain di Sumatera yang menderita titik api akibat kebakaran hutan dan lahan seupa Riau adalah provinsi Aceh 2, Bengkulu 2, Sumatera Utara 5, Sumatera Selatan 7, Jambi 19 titik dan tidak ketinggalan provinsi Kepri satu titik di wilayah kabupaten Lingga. Dengan demikian total hotspot di wilayah Sumatera seluruhnya hari ini menjadi 80 titik.

Untuk wilayah Riau, BMG stasiun Pekanbaru mengingatkan pertumbuhan titik api akan ekstrim menjelang dua hari mendatang. Hal ini dipengaruhi potensi penyulutan api kian luas karena cuaca panas. Sehingga jika tidak ada langkah pencegahan dari pihak terkait, maka BMG mensinyalir jumlah titik api akan lebih ekstrim dari hari-hari sebelumnya.(Surya)

 

Posting Terkait