Bea Parkir Pengaruhi Konsumen Usaha

721 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejumlah pengelola usaha memberlakukan parkir gratis bagi pengunjungnya. Keaadaan tersebut merupkan salah satu daya tarik pengunjung untuk melakukan transaksi. Keadaan ini dibenarkan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru sebagai bentuk komitmen para pelaku usaha yang juga membayarkan sejumlah nilai parkir mereka secara langsung kepada Dispenda.

“Memang ada pelaku usaha yang juga membayarkan retribusi parkir mereka secara umum kepada Dispenda. Sehingga mereka memberlakukan bebas bea parkir kepada pelangggannya. Hal ini sesuai dengan keinginan mereka sendiri dan juga sesuai aturan Dispenda,”ungkap Kepala Dispenda Pekanbaru Syofian melalui Kepala Bagian Pendapatan, Musa.

Sementara itu, sejumlah warga mengakui ongkos parkir terkadang menjadi alasan mereka untuk tidak berbelanja di suatu tempat perbelanjaan. Seperti Ferdi, warga jalan Kuda Laut ini mengaku terkadang sangat malas berbelanja di tempat perbelanjaan yang memungut bea parkir.

“Terkadang kita terdesak dan hanya sebentar saja ke tempat itu, tapi tetap kena bea parkir. Apalagi barang yang kita cari tidak ada di tempat tersebut. Jika setiap parkir dibayar, maka bea parkir kendaraan kita ini saja juga bisa memenuhi kebutuhan bensin kendaraan kita dalam seminggu,”ungkap Ferdi yang biasa membawa mobilnya untuk berbelanja.

Namun Ferdi mempunyai trik untuk mengatasi keluhannya ini. Sebelum memastikan benar-benar ada produk yang dibelinya di sebuh toko, maka ferdi cukup lewat dan melihat nomor telepon toko tersebut lalu menelponnya.

“Jika memang ada produk yang dicari melalui telpon, baru saya akan berhenti dan parkir di toko tersebut,”ungkap Ferdi.(Surya)

Posting Terkait