Bahas Penghijauan Venues, PB PON Riau Gelar Pertemuan dengan Unnes

546 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pantia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Riau, Kamis (10/2) menggelar pertemuan dengan pihak Universitas Negeri Semarang (Unnes) di ruang pertemuan Sekretariat PB PON Riau Jalan Gajahmada, Pekanbaru. Pertemuan itu untuk membahas program penghijauan di venues-venues PON.

Dalam pertemuan ini pihak PB PON Riau dipimpin Ketua Umum PB PON Riau HM Rusli Zainal yang juga Gubernur Riau, didamping Ketua Harian PB PON Riau Syamsurizal. Sedangkan dari pihak Unnes langsung dipimpin Rektornya, Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi.

Dalam kesempatan ini Sudijono mengatakan bahwa program penghijauan yang akan dilakukan dalam rangka PON XVIII di Riau ini akan sangat besar manfaatnya. Manfaatnya tidak hanya menciptakan suasana yang asri, tapi juga dapat mengurangi polusi dan kondisi udara yang terik.

Dia menyebutkan, kondisi udara Riau yang relatif panas ini memang sudah sepantasnya dihijaukan dengan cara menanami pohon-pohon melindung. “Karena itu kami menyambut gembira keinginan PB PON Riau dan Pemprov Riau untuk menghijaukan venue-venue pertandingan PON nanti.

Program ini, menurut dia, tentunya sangat baik karena akan memberikan rasa nyaman bagi para atlet saat bertanding. “Kalau suasananya tidak sejuk dan asri tentunya akan membuat para atlet tidak bisa menampilkan prestasi terbaiknya saat bertanding,” jelas Sudijono lagi.

Dia menyatakan sangat takjub dengan ide cemerlang dari Pemprov Riau ini, karena dengan adanya program penghijauan, berarti sudah punya visi dan misi jauh ke depan. Selama ini dia melihat banyak venues-venues PON yang begitu usai PON dibiarkan begitu saja, tanpa ada perawatan.

Sementara itu HM Rusli Zainal usai pertemuan itu kepada wartawan mengatakan pihaknya sengaja mengundang Unnes untuk bekerjasama dalam program “Green PON” ini karena perguruan tersebut punya perhatian besar terhadap lingkungan, terutama penghijauan.

Namun demikian, menurut Rusli lagi, perguruan-perguruan tinggi lainnya di Riau juga ikut dilibatkan, seperti Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Lancang Kuning, Universitas Islam Negeri Riau, dan sebagainya. “Kita bersama-sama mendungkung program Green PON yang dijalankan ini,” tegasnya.(zas)

Posting Terkait