Awan Konvektif Rawan Timbulkan Puting Beliung

525 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Angin kencang melanda kota Pekanbaru sejak sore tadi. Hingga kini, air hujan pun turun dan diiringi angin kencang. Berdasar data BMG, Rabu (19/03) pukul 16.00 WIB saat angin kencang terjadi, kekuatan angin ini mencapai 20 knot atau 40 km/jam.

Bagian analisa BMG Pekanbaru menjelaskan, angin kencang sebelum hujan maupun disertai hujan terjadi akibat penguapan yang terbentuk sejak siang tadi. Dengan temperatur matahari mencapai 33’C siang hari, butir air yang menguap ke udara membentuk gumpalan awan konvektif.

“Awan ini lah yang menjadikan tumbuhnya angin kencang bahkan puting beliung serta hujan deras yang diiringi kilat dan petir,”terang Ardhitama dari analisa BMG Pekanbaru kepada RiauInfo. Meski rentang waktunya relatif singkat, menutut Ardhitama, angin kencang seperti ini sulit diprediksi sebelumnya.

Namun, dari monitoring satelit, awan konvektif tersebut telah menutupi sebahagian wilayah Riau bagian tengan dan Riau bagiab Selatan dimana daerahnya seperti kota Pekanbaru dan sebagian kabuopaten Kampar. “Dari pantauan satelit, awan konvektif ini juga menutupi bagian provinsi Sumbar, Palembang hingga di pulau Jawa,”ujar Ardhitama.(Surya)

 

Posting Terkait