ANTARA INVESTOR DAN APBN… Rp.8 Triliun Untuk Dua HighWay di Riau

643 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pembangunan jalan highway Pekanbaru-Dumai dan Pekanbaru-Buton menelan biaya sekitar Rp.8 triliun. Rencana pembangunan highway Pekanbaru-Dumai diperkirakan sepanjang 135 kilometer lebih dan dan Pekanbaru-Buton sekitar sepanjang 127 kilometer.

Saat ini, rencana pembangunan jalan secara teknis telah dipersiapkan dan mulai dilakukan lelang oleh Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT). Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Riau Emrizal Pakis mengatakan, pembangunan jalan ini hanya menunggu investor sebagai penggalang dana dan pengelolanya.

Sementara, jika investor untuk jalan ini tidak kunjung dating, maka alternative lainnya adalah menggunakan dana APBN serta bantuan dana luar negeri (loan) nantinya. Menurut Emrizal Pakis, Pemprov Riau melalui kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah mengajukan agenda highway Riau ini ke Bappenas agar pembangunannya menggunakan APBN serta dibantu dana luar negeri (loan). Tanggapan pemerintah juga menawarkan pihak ketiga atau partnership dalam pembangunan jalan tersebut.

Awalnya Bappeda Riau mencatat pembangunan highway Pekanbaru-Dumai dan Pekanbaru-Buton akan menelan anggaran Rp 6,5 triliun. Namun berdasarkan perhitungan kondisi saat ini, pembangunannya akan menelan dana Rp 8 triliun yang juga termasuk dalamnya dana pembebasan lahan.

“Kita harap agenda highway yang telah masuk RPJMD ini akan terwujud dengan jalan yang disarankan oleh pemerintah. Sehingga infrastruktur Riau akan lebih baik untuk kemajuan masyarakat,”ungkap Emrizal Pakis kepada wartawan usai membuka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Senin (18/05/2009) kemarin di Pekanbaru.(Surya)

Posting Terkait