Angin Badai Mengancam Pekanbaru dan Kota Lainnya di Riau

777 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Masyarakat diminta waspada karena angin badai saat ini sedang mengancam Pekanbaru dan beberapa kota lainnya di Riau. Hujan badai ini muncul karena seringnya terjadi perubahan cuaca secara mendadak di Riau, yakni saat cuaca terik tiba-tiba mendadak mendung.

Kondisi ini menjadi pemicu munculnya hujan lebat dan angin kencang yang disertai petir. Dalam sepekan terakhir ini saja sudah beberapa kali terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang di Pekanbaru, namun sejauh ini kondisi ini belum menelan korban, hanya menimbulkan sedikit kerusakan saja di Pekanbaru.

Meski demikian pihak Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru tetap mengingatkan masyarakat agar mewaspadai fenomena tersebut, terutama terhadap hujan yang disertai angin kencang. Hujan yang disertai angin kencang tersebut dapat muncul secara tiba-tiba kapan saja.

Kepala Seksi Analisa BMG Pekanbaru Yohannes Drajat mengatakan seringnya terjadi perubahan cuaca secara tiba-tiba itu akibat pengaruh Lanina. “Wilayah Riau termasuk kawasan yang cukup kuat dipengaruhi oleh Lanina tersebut yang ditandai dengan sering turunnya hujan lebar dan angin kencang,” jelasnya.

Sehubungan hal itu dia minta masyarakat untuk mewaspadai cuaca sekarang ini, terutama pada sore, malam hingga dini hari, karena pada saat-saat itu hujan dan angin kencang sering terjadi di wilayah Riau.(Ad)

 

Posting Terkait