Akhir 2010, Masalah Tapal Batas Riau-Sumut Tuntas

PEKANBARU (RiauInfo) – Kepala Biro Tata Pemerintahan Provinsi Riau Alimuddin memperkirakan masalah tapal batas antara Riau dan Sumatera Utara (Sumut) akan tuntas akhir 2010 mendatang. Saat ini tim penegasan tapal batas Pemprov Riau sudah turun ke lapangan.

Tim diturunkan ke lapangan untuk melakukan pengecekan dan pengukuran ulang wilayah yang diklaim masuk wilayah Sumut. Pengukuran dilakukan di perbatasan Bagan Batu, Kabupaten Rokan Hilir dengan Kabupaten Tanjung Medan.

“Kita sudah menurunkan tim ke lokasi perbatasan Riau-Sumut, tepatnya di Bagan Bat, Kabupaten Rokan Hilir untuk melakukan pengukuran ulang wilayah yang diklaim masuk ke wilayah Sumut,” ungkap Alimuddin kepada wartawan di Pekanbaru.

Dia menyebutkan saat melakukan pengukuran ulang, tim didampingi Pemkab Rokan Hilir, karena yang mengetahuai secara pasti wilayah itu tentulah Pemkab Rokan Hilir. Merekalah yang mengetahui kondisi di lapangan.

Alimuddin menjelaskan, jka mengukuran ulang sudah tuntas dilakukan oleh kedua pihak, maka kedua provinsi akan melakukan pertemuan untuk mencocokan kembali pengukuran kedua belah pihak. Diperkirakan akhir 2010 mendatang masalah tapal batas ini akan tuntas.(ad)

Rizki: