AFI 2015, Malam ini Serahkan 17 Piala Dewantara

1060 views

apresiasi-filmJAKARTA (Riauinfo) – Panitia pelaksana Apresiasi Film Infonesia (AFI) 2015, malam ini akan menyerahkan 17 Piala Dewantara kepada sejumlah film terbaik. Pelaksanaan malam puncak AFI tahun ini dipusatkan di benteng Vredeburg, Malioboro, Yogyakarya.

Rangkaian pelaksanaan puncak AFI juga telah dilakukan sejak Sabtu pagi (24 Oktober) di kota gudeg Yogyakarta, antara lain diisi dengan workshop perfilman oleh sineas Garin Nugroho, pawai artis, seminar, dan banyak acara menarik lainnya yang melibatkan masyarakat dan insan perfilman.

Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kemendikbud, Prof Dr Endang Caturwati melalui jaringan telepon menjelaskan, AFI tahun ini menyeleksi sejumlah film untuk 17 kategori, diantaranya film fiksi panjang 113 judul, film fiksi anak 13 judul,, film fiksi pendek pelajar, kritik film, film kajian akademik dan film dokumenter pelajar.

Dari sejumlah kategori tersebut, khusus untuk film fiksi panjang telah muncul 3 film sebagai nominasi pemenangnya, yaitu film Filosofi Kopi, Tabularasa dan Siti.

“Film yang lolos jadi pemenang disetiap kategori nanti akan menerima penghargaan terbaik berupa Piala Dewantara,” ujar Endang Caturwati.

Ia menambahkan pelaksanaan AFI tahun ini yang ke 4 kalinya, tetap berorientasi menyeleksi film film yang membawa napas pendidikan dan kebudayaan Indonesia. (Ami Herman)

Posting Terkait