60% Dari 48 Hotspot Sumatera Berada di Riau

692 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Musim panas membuat catatan Hotspot meningkat di pulau Andalas. Pulau Sumatera hingga hari ini, Selasa (22/01) kian menyala. Dari catatan satelit NOAA 18, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru melaporkan 48 titik api tersebar di beberapa wilayah provinsi.

“Dari 48 titik api di Sumatera, sekitar 50 hingga 60 persen penyebaran titik api tersebut berada di wilayah provinsi Riau,”terang Marzuki dari BMG Pekanbaru saat dihubungi RiauInfo di Pekanbaru.

Namun BMG Pekanbaru tidak bisa secara rinci memberikan jumlah penyebaran titik api di berbagai daerah baik di Riau sendiri maupun titik api di wilayah provinsi lainnya.

“Saat ini secara umum Riau merupakan terbesar peneyebaran titik apinya di Sumatera. Untuk wilayah Riau secara umum tumbuhnya penyebarab titik api banyak berada di daerah bagian lintang utara. Seperti di Rohil, Rohul, Siak, Dumai dan kabupaten Bengkalis,”terang Marzuki.

Peningkatan jumlah titik api tersebut relatif tinggi mencapai 50% dibanding jumlah titik api kemarin sebanyak 23 titik. Hari ini, tercatat ada empat provinsi di pulau Andalas bertebaran 48 titik api tersebut. Seperti provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan provinsi Riau sendiri.(Surya)

 

Posting Terkait