5 Provinsi Masih Korban Karhutla di Sumatera

702 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Selain provinsi Riau sendiri, Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) juga melanda 4 provinsi lainnya di Sumatera, Minggu (17/08) ini. Seperti provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan provinsi Jambi menjadi korban Karhutla itu hari ini. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan rekaman satelit NOAA 18 menangkap 20 titik api tersebar di 5 wilayah provinsi tersebut. Di provinsi Riau sendiri ada 8 titik api yang tersebar di 5 wilayah kabupaten negeri Lancang Kuning ini.

Menyusul provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dengan 6 titik api menyala di negeri Serambi Mekkah tersebut. Sedangakan di provinsi Sumatera Utara dan provinsi Sumatera Selatan, Satelit menangkap masing-masing satu titik api. Sementara itu, 4 titik api juga menyala di wilayah provinsi Jambi. Sehingga jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan di wilayah pulau Sumatera menjadi 20 titik hari ini.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, melalui staf analisa Marzuki mengatakan, gejala penurunan jumlah titik api akibat adanya curah hujan di wilayah tersebut. Seperti di wilayah provinsi Riau sendiri, peluang hujan masih ada di wilayah Riau Utara, Tengah dan Riau Pesisir. Meski hujan diperkirakan hanya dengan intensitas ringan, namun cukup menekan keberadaan titik api tersebut.(Surya)



Posting Terkait