5 ORANG UNTUK ARAB SAUDI… Tim Pendamping Haji Jalani Seleksi

627 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kantor Wilayah Departemen Agama (Kanwil Depag) Riau melakukan seleksi terhadap 59 orang tenaga tim pendamping haji. Kebutuhan tim pendamping jamaah calon haji dari Riau sedikitnya 27 orang termasuk panitia penyelenggaran haji Indonesia di Arab Saudi. Seleks atau rekrutmen tenaga pendamping haji ini berlangsung Kamis (2/7/09) ini di aula kantor Depag Riau, Pekanbaru.

Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf (Hazawa) Kanwil Depag Pemprov Riau, Jalaluddin mengatakan, tenaga pendamping haji terbagi dari tiga tim, terbagi kepada 2 tim untuk pendamping dalam negeri dan satu tim untuk Arab Saudi.

Tim yang pertama adalah Tim Pendamping Haji Indonesia (TPHI) hanya dibutuhkan 11 orang dari Riau. Selanjutnya tenaga untuk Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) juga sebanyak 11 orang dari Riau. Sedangkan tim ke tiga adalah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIHI) dibutuhkan 5 orang dari Riau yang akan berangkat ke Mekkah beserta calon jamaah haji nantinya.

59 orang peserta yang ikut seleksi tersebut berasal dari Depag Riau, Ormas/LSM Islam dan dari Pondok Pesantren di Riau. Penyelenggaraan seleksi seluruhnya langsung dilakukan oleh tim dari Dirjen dan Irjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Pusat. Menurut Jalaluddin, peserta tes akan diseleksi dengan tes kompetensi serta Taskiah (pisikologi).

Pelaksanaan tes juga hanya berl;angsung sehari penuh di kantor Depag Riau tersebut. 27 peserta yang dinyatakan lulus dan layak sebagai tim pendamping haji hari ini selanjutnya akan diberi lagi pelatihan pematangan pada 10 Juli 2009 mendatang di embarkasi Batam.(Surya)

 

Posting Terkait