4.999 Pelajar Riau Tak Lulus, Persentase Lulus UN SLTP Turun

PEKANBARU (RiauInfo) – Persentase angka kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP, MTs dan SMP Luar Biasa di Riau mengalami penurunan. Dari 81.345 peserta UN tahu ajaran 2008/2009, sebanyak 76.346 siswa atau 93,85 persen dinyatakan lulus dan 4.999 orang atau 6,15 persen tidak lulus.

Berita ini menjadi headline Riau Pos edisi Snin (22/6) berjudul “4.999 Pelajar Riau Tak Lulus“. Harian ini menyebutkan persen angka lulus itu mengalami penutunan dari tahun sebelumnya. Tahun 2008 lalu angka kelulusan UN SLTP mencapai 96 persen.

Headline Tribun Pekanbaru hari ini tentang pernyataan Kepala Dinas Pendidikan Riau Irwan Effendi yang menyarankan siswa SMP/MTs yang tidak lulus dan UN tahun ini mengikuti Ujian Paket B, Namun bagi siswa yang ingin mengulangi lagi setahun lagi di sekolah yang sama, tetap dibolehkan. Berita ini berjudul “Paket B Bisa Daftar SMA“.

Kebakaran hutan dan lahan kembali memunak di Riau. Berdasarkan pantauan satelit NOAA 18, Minggu (21/6) pukul 14.00 Wib, terdeteksi di Riau terdapat 111 titik api dan di Sumatera sebanyak 193 titik api. Berita ini menjadi headline Riau Mandiri hari ini berjudul “Api Kembali Kepung Riau“.

Berita utama Koran Riau hari ini tentang Asisten Kementerian Riset dan Teknologi (Ristek) Sigit Soebradja yang memuji situs cagar budaya komplek Candi Muaratakus. Dalam berita berjudul “Asmen Ristek Puji Candi Muaratakus” Sigit menyebutkan candi ini penuh dengan nilai sejarah dari sebuah peradaban maju kerajaan masa lalu.

Sementara itu headline Pekanbaru Pos hari ini tentang klaim pihak PDAM Tirta Siak Pekanbaru yang menyebutkan kualitas pelayanan dan air yang dihasilkan perusahaanya sudah jauh lebih baik. Untuk itu, jika kualitas air masih ada yang keruh, silahkan melapor ke PDAM. Berita ini berjudul “Air PDAM Keruh, Lapor!“.

Peristiwa kebakaran yang menimpa sebuah rumah di Jalan Surya Baru, Kelurahan Tanah Merah, Siak Hulu, Minggu (21/6) kemaren menjadi berita utama Pekanbaru MX hari ini. Dalam berita berjudul “Bocah Nyaris Terpanggang” disebutkan seorang siswa nyaris jadi korban jika tidak segera diselamatkan.

Kampanye terbuka Capres dari Partai Demokrat, SBY di Pekanbaru, Sabtu (20/6) dinilai melanggar aturan jadwal kampanye Pemilihan Presiden 2009. SBY akan dilaporkan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Polda Riau. Berita ini menjadi headline Metro Riau hari ini berjudul “SBY Langgar Aturan di Riau“.(ad)

Rizki: