37 Karhutla Menyebar di 3 Provinsi Wilayah Sumatera

651 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wilayah provinsi Riau selamat dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), namun wilayah provinsi lainnya di pulau Sumatera masih mengalami Karhutla tersebut Sabtu (23/08) ini. Sedikitnya ada 3 provinsi tetangga Riau mengalami Karhutla itu hari ini. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan hasil rekaman satelit NOAA 18 menagkap 37 titik api menyebar di wilayah provinsi Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan wilayah provinsi Lampung.

Provinsi Sumatera Selatan mengalami 34 titik kebakaran hutan dan lahan. Sedangkan 2 titik api lagi berada diwilayah provinsi Bangka Belitung. Tidak ketinggalan provinsi Lampung dengan satu titik api. Sehingga jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan menjadi 37 titik di wilayah pulau Sumatera hari ini.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, melalui staf Analisa Ardhitama mengatakan, gangguan cuaca di bagian selatan pulau Sumatera atau di sekitar Samudera Hindia sedikit mempengaruhi cuaca di Pulau Sumatera.

Gangguan itu membuat pusaran angin di sejumlah wilayah provinsi. Pusaran angin itu membentuk awan yang sarat akan hujan. Di provinsi Riau sendiri, hujan sudah mulai turun sejak Kamis malam, bahkan Sabtu malam ini masih ada peluang hujan di wilayah Riau.

Namun di beberapa wilayah provinsi lain di Sumatera masih belum mendapatkan pengaruh cuaca tersebut. Sehingga masih ada beberapa titik api seperti di provinsi Sumatera Selatan dan Lampung dan Bangka Belitung tersebut hari ini.(Surya)



Posting Terkait