21 UNIVERSITAS DI SUMATERA RAMAIKAN KRCI Politeknik Caltex Riau Tampilkan Robot EL-Azizu

700 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kontes robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) akhirnya digelar, Sabtu (2/5) di GOR Basket Rumbai. KRI dan KRCI untuk tahun 2009 regional I wilayah Sumatera kali ini diikuti 48 tim dati 21 Perguruan Tinggi yang ada di Sumatera.

Acara tahunan dalam bentuk lomba adu kecanggihan robot ini langsung dibuka oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan Nasional, Wahidin Wahab. Dalam kesempatan itu Wahidin mengatakan acara ini merupakan event reguler tahunan bertujuan untuk mengembangkan bakat mahasiswa di bidang penerapan dan perkembangan teknologi.

“Para pemenang dalam kontes wilayah Sumatera berhak atas tiket mengikuti kejuaraan tingkat nasional yang akan digelar pada 6 dan 7 Juni mendatang di Yogyakarta,” Tambah Wahidin. Karena itu dia minta agar peserta dalam bersaing untuk menjadi pemenangnya.

Dalam kontes ini, seluruh robot diuji pada satu lintasan berupa sekat-sekat, di mana di salah satu ujung sekat ada api. Setiap robot bertugas memadamkan api tersebut. Robot mana yang paling cepat mampu memadamkan api, itulah yang terbaik.

Dari Riau sendiri ada dua tim yang ambil bagian, yakni Polteknik Caltex Riau (PCR) dan Politeknik Bengkalis. PCR tampil dengan kreasi robot bernama El-AZIZU. Sedangkan mahasiswa Politeknik Bengkalis mengandalkan kecanggihan robot bernama Laskar Bergayut.(lukman)

Posting Terkait