207 Hotspot Membara di 10 Provinsi Sumatera

1085 views

PEKANBRU (RiauInfo) – Temperatur kian meninggi hari ini masih menumbuhkan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera. Provinsi Riau sendiri dengan 87 titik apinya masih mengungguli provinsi lain hari ini. Walau menurun dibanding kemarin, jumlah hotspot hari ini masih mengkhawatirkan.

Berdasar data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Minggu (18/07) ini, satelit NOAA 18 merekam 207 titik hotspot yang tersebar di 10 provinsi Sumatera, termasuk provinsi Riau.

Di wilayah Riau, sebaran titik api ini menggerogoti 9 kabupaten. Seperti di kabupaten Rohil menyala 12 titik, Rohul 8 titik, kampar ada 11 titik api. Menyusul kabupaten Siak dengan 14 titik. Di kabupaten Bengkalis ada 5 titik api menyala.

Sementara 12 titik api juga menyala di Pelalawan. Sedangkan di Kuansing sedikitnya 5 titik api menjilat daerah ini. Selanjutnya titik api juga membara di kabupaten Inderagiri Hulu 8 titik dan Inderagiri Hilir 12 titik. Jumlah keseluruhan hotspot Riau hari ini 87 titik.

Provinsi lain yang menanggung kebakaran hutan dan lahan adalah Aceh 2 titik, Sumut 7 titik, Sumbar 30 titik, Bengkulu 19 titik, lampung 5 titik, Sumsel 12 titik, Jambi 39 titik. Tidak ketinggalan daerah kepulauan seperti provinsi Kepulauan Riau dengan 2 titik dan provinsi Bangka Belitung 4 titik api. Sehingga keseluruhan titik api di Pulau Sumatera hari ini sebanyak 207 titik. Dengan kebakaran hutan dan lahan hari ini dan sisa yang kemarin, ancaman asap kembali tidak terelakkan lagi.(Surya)

 

Posting Terkait