2007, Roro Dumai-Melaka Bakal Dioperasionalkan

640 views

DUMAI (RiauInfo) – Hubungan transfortasi Riau – Malaysia bakal semakin lancar saja. Soalnya tahun 2007 ini Pelabuhan Roro Dumai-Melaka akan mulai dioperasikan. Dengan dioperasikannya pelabuhan tersebut maka semakin memudahkan arus keluar internasional masuk antara Dumai dan Melaka. 

Kepala Bappeko Dumai melalui Kabid ESDM Bappeko Dumai, Afifuddin MSi ketika dihubungi di Dumai membenarkan akan dioperasikannya pelabuhan roro tersebut. “Kami mentargetkan tahun 2007 ini pelabuhan roro itu sudah bisa dioperasikan,” tegasnya.

Dikatakannya, pembangunan fasilitas pelabuhan roro itu dilaksanakan dengan mempergunakan dana APBD Kota Dumai. Sedangkan pembangunan fasilitas perhubungannya menggunakan sharing anggaran.

Pada bagian lain disebutkan, saat ini sedang dilakukan pengerjaan fisik pelabuhan yang dikerjakan bekerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Dumai. Pembangunan fisik itu berupa pemancangan dermaga dan pembangunan fisik dasar kawasan pelabuhan.

Pelabuhan ini dibangun persis di samping Terminal Agribisnis Dumai di Kelurahan Pangkalansesai Dumai Barat. Saat peletakan batu pertama tiang pancang pelabuhan, langsung dihadiri Gubernur Riau, HM Rusli Zainal.

Waktu itu Rusli Zainal sempat mengatakan dengan adanya pelabuhan roro ini nantinya diharapkan perekonomian Riau semakin meningkat. Sebab pelabuhan ini bakal menyebabkan arus perdagangan antara Riau dan Malaysia menjadi semakin meninkat.(ad)

 

Posting Terkait