100 Ribu Calon Haji Riau Antre

714 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Animo masyarakat Riau untuk bisa melaksanakan ibadah haji terus meningkat setiap tahunnya. Ini menyebabkan antrean pemberangkatan jamaah haji Riau ke tanah suci semakin panjang. Dari data haji di Kementerian Agama Provinsi Riau, sampai Januari 2013 ini, tak kurang 100 ribu jamaah calon haji Riau harus antre untuk pemberangkatan. Mereka berangkat menggunakan sistem reguler dan haji khusus.

“Sampai sekarang, tak kurang dari 100 ribu orang yang sudah terdaftar,” kata Kabid Haji Riau, Drs H Aziz MA didampingi Kasi Perjalanan Haji dan Prasarana Haji, Deflizon SKom, di Pekanbaru.

Jamaah Riau yang menggunakan jalur Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus (PIHK) jumlahnya sudah mencapai 50 ribu dan melalui jalur reguler jumlahnya sudah tercatat sebanyak 54 ribu orang. “Jadi jumlahnya sampai sekarang sudah terdaftar 100 ribu lebih,” katanya.

Dengan jumlah sekarang yang terdaftar dan memiliki nomor porsi sebanyak 54 ribu orang menggunakan haji reguler tentunya mereka harus bersabar menunggu giliran pemberangkatan. Haji reguler dengan jumlah itu akan antre hingga tahun 2023. Sementara haji khusus pemberangkatannya antre hingga 2017 mendatang.

Sistem pemberangkatan haji khusus sama dengan haji reguler, yakni menggunakan sistem daftar antre. Oleh karena itu, Kemenag Riau meminta agar masyarakat yang menggunakan haji khusus tidak tergiur dengan pihak penyedia jasa layanan, yang menyebutkan bisa berangkat tahun 2013 ini.

Haji khusus, kuotanya tetap diputuskan Kemenag RI se-Indonesia. Sementara haji reguler setiap tahun Riau mendapatkan jatah sekitar 5.000 orang jamaah.

Kemenag Riau berupaya terus meningkatkan pelayanan haji di Riau. Karena itu, untuk haji khusus atau plus, Kemenag Riau jauh-jauh hari mengingatkan jamaah agar tidak terjebak dengan penipuan berkedok penyedia pelayanan haji khusus.(rp)

Posting Terkait