10 Cabang, 30 Atlit Bengkalis Wakili Provinsi Riau Ke PON XVII di Kaltim

BENGKALIS (RiauInfo) – Sebanyak 30 Atlit dari 10 cabang olahraga asal Kabupaten Bengkalis berhasil meorehkan prestasi terbaik dan terpilih menjadi bagian kontingen Provinsi Riau untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII yang akan digelar di Kalimantan Timur.

Menurut Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bengkalis, H Syamsurizal sebagaimana disampaikan Ketua Harian H Tuah Hasrun Saily, ke-10 cabang tersebut adalah Atletik, Panahan, Anggar, Tarung Derajat, Panjat Tebing, Kempo, Balap Motor, Marching Band, Gulat dan Sepaktakraw.

Satu hal yang membanggakan, kata Tuah, sebagian dari atlit yang terpilih menjadi bagian kontingen Bumi Lancang Kuning untuk berlaga di ajang olahraga terbesar di Indonesia itu, adalah atlit-atlit yang induk organisasinya di Kabupaten Bengkalis baru saja terbentuk satu tahun belakangan ini. “Seperti dari cabang panahan dan anggar,” katanya.

Secara rinci Tuah menjelaskan, untuk atletik ada dua orang. Yaitu Nasuha dan Andi Pramana yang akan turun di nomor lempar lembing putra dan lari 800 meter putra. Di cabang panahan atas nama Muslim dan Dides Irgantara yang akan berlaga di nomor TD 50 meter.

Kemudian, di cabang anggar Nursoimah dan Dodi Ripo Saputra. “Keduanya akan bertanding di kelas floret putri dan kelas sable putra. Sedangkan untuk cabang tarung derajat atas nama Ahmad Sumadi dan M Syukri. Mereka berdua masing-masing turun di kelas 55,1-58 Kg dan 64,1-67 Kg,” papar Tuah kepada sejumlah wartawan di Bengkalis, Minggu (20/1) kemarin.

Selanjutnya, sambung Tuah, cabang panjat tebing juga terpilih dua atlit. Atas nama Irit Susanto dan Adis Siswanto, keduanya bakal berlaga di nomor speed estafed. “Sedangkan untuk Kempo terpilih lima orang atlit. Yaitu Marini (kelas Randori Putri), Raja Mayulis (Randori Putri), Adi Saputra (Randori Putra), Arman (Embu Dan I dan Randori Putra) serta Rpkyando (Embu Dan I Putra,” tambah Kepala Dinas Pendapatan Daerah Bengkalis ini.

Masih menurut Tuah, untuk cabang balap motor dan gulat, masing-masing satu orang. “Muhammad Gunawan untuk cabang balap motor dan dan Edy Kurniawan di cabang gulat. Gunawan turun di kelas MP I dan II,” ungkap Tuah seraya mengatakan atlit Bengkalis untuk cabang sepaktakraw yang terpilih sebanyak delapan orang.

Ke-8 alit tesebut terdiri dari Efrizal Idris, Hendra Idris, Oki Farhadinata, Purnomo Widodo dan Zulkifli, Siti Khasanah, Siti Maysarah dan Sutini. “Untuk cabang sepaktakraw ini, termasuk pelatih (Irwansyah, red), Bengkalisi mengirimkan sembilan orang,” ujar didampingi sejumlah Ketua Pengkab Persatuan Tenis Lapangan (Pelti) H Hermizon dan Pengkab Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Bengkalis H Nursaruddin.

Khusus untuk marching band, Tuah mengatakan ada lima orang, yaitu Fuad Muzakir, Fatma Maretha, W Agustiari Aula, Dedi dan Syahrial. Kelimanya adalah personil marching Andam Dewi Pemkab Bengkalis.
“Kelimanya akan bergabung dengan personil marching band Cendana yang dibina PT CPI, untuk mewakili Riau pada PON ke-XVII di Kalimantan Timur. Dari 11 kabupaten/kota yang ada di Riau, hanya personil marching Andam Dewi Bengkalis yang terpilih,” ungkap Tuah dengan nada bangga.

Kepada seluruh atlit yang terpilih dan akan berlaga dalam PON ke-XVII itu, selain mengucapkan selamat, atas nama KONI Kabupaten Bengkalis, Tuah berharap agar dapat memberikan prestasi terbaik bagi Provinsi Riau serta seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis. “Serta tetap menjunjung semangat sportivitas, baik itu di dalam mau pun di luar arena pertandingan,” harapnya.(ad/rls)

 

Rizki: