10 BESAR DARMASISWA CHEVRON RIAU Pekanbaru Loloskan Lima Wakil, Dumai Dua Wakil

787 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Siswa-siswi yang berhak lolos ke 10 Besar Darmasiswa Chevron Riau (DCR) berasal dari lima kabupaten/kota, yakni Pekanbaru, Dumai, Kampar, Siak, dan Indragiri Hulu. Ini berdasarkan hasil aptitude test dan psikotes yang berlangsung kemarin (28/3) di Gedung Rumbai Country Club (RCC), Kompleks PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI).


Ke-10 peserta yang lolos akan mengikuti wawancara untuk menentukan ranking pertama yang langsung dilaksanakan sore kemarin. Peserta diwawancarai oleh sebuah tim yang beranggotakan psikolog pendidikan Prof. Dr. Zulfan Saam, MS, Helmi dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Earth Scientist PT. CPI Michael J. Kisucky, serta Manager PGPA PT. CPI Rumbai Imamul Ashuri.

Sesi ini, di antaranya, bertujuan mengukur visi peserta, kemampuan berbahasa Inggris, serta berkomunikasi. ’’Dari sinilah kami dapat melihat potensi, bakat, maupun minat para peserta. Dan, kami bangga bahwa putra-putri Riau ternyata memiliki kemampuan yang luar biasa,’’ tutur Ketua Program DCR 2011 Iwan Tofani Iljas.

Ranking pemenang Darmasiswa Chevron Riau (DCR) 2011 secara lengkap akan diumumkan hari ini, Selasa (29/3), dalam sebuah acara inaugurasi yang berlangsung di Gedung RCC, Rumbai. Rencananya, Gubernur Riau Rusli Zainal akan hadir dalam acara tersebut.

Ke-60 siswa peserta seleksi final kemarin (28/3) mengikuti aptitude test dan psikotes yang memakan waktu sekitar 4,5 jam. Dari hasil kedua tes tersebut ditentukan 10 besar yang berhak mengikuti tes berikutnya, yakni wawancara, guna menentukan peringkat pertama dan kedua.

NAMA SISWA YANG LOLOS 10 BESAR (dari hasil aptitude test dan psikotes, menurut abjad)

1 Abdul Isliyandi (SMAN 2 Tambang Kampar)
2 Adi Poetra Pratama (SMAN Binsus Dumai)
3 Dewi Elvianida Suryani (SMAN 8 Pekanbaru)
4 Juli Dwi Kejora Putra (SMAN Plus Riau Pekanbaru)
5 Jumiatri Risma (SMAN Binsus Dumai)
6 Kristin Dewira (SMAN 1 Rengat Indragiri Hulu)
7 Ratih Widyastuti (SMAN 4 Siak)
8 Sandi Fajrian (SMAN 8 Pekanbaru Pekanbaru)
9 Sri Mulyanti (SMAN 1 Pekanbaru Pekanbaru)
10 Wahyudi Munthe (MAN 2 Model Pekanbaru)

Dari total 60 siswa, para penerima DCR terbagi empat peringkat. Peringkat pertama (sebanyak tiga orang) berhak mendapatkan darmasiswa senilai Rp 15 juta/tahun ditambah satu unit laptop dan sebuah printer, peringkat kedua (lima orang) Rp 12,5 juta/tahun ditambah sebuah laptop, disusul peringkat ketiga (tujuh orang) Rp 10 juta/tahun, serta peringkat keempat (45 orang) masing-masing mendapatkan Rp 6 juta/tahun. CPI juga menjediakan dana untuk bantuan biaya wisuda kelak bagi setiap penerima.

DCR merupakan program kemitraan PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) dengan Dinas Pendidikan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Riau yang sudah berjalan selama 11 tahun. DCR memberikan akses kepada siswa-siswi berprestasi Riau untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui bantuan biaya pendidikan.

Hingga saat ini, sudah 565 siswa-siswi Riau yang pernah mendapatkan darmasiswa ini dan melanjutkan kuliah di berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Sebagian dari mereka yang telah menyelesaikan studi kini berkarier di berbagai perusahaan nasional maupun multinasional.(ad/rls)

Posting Terkait