Usai Sholat Idul Fitri, Warga Muhammadiyah Bingung Bersilaturahmi

582 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Usai melaksanakan sholat Idul Fitri Jumat (12/10) pagi, warga Muhammadiyah yang merayakan lebarannya hari ini bingung bersilaturahmi. Sebab sebagian besar tetangga, kerabat bahkan juga keluarganya masih menjalankan ibadah puasa sebagaimana yang ditetapkan pemerintah.

Ny Ningsih (33) salah seorang warga Senapelan mengaku usai melaksanakan sholat Idul Fitri langsung pulang ke rumah dan belum bisa bersilaturahmi ke tetangga, kerabat atau keluarganya. “Iya lebaran pertama ini saya terpaksa di rumah saja,” ujarnya.

Ibu dari dua orang anak ini menyebutkan dia memutuskan untuk lebaran hari ini karena ikut suaminya yang memang seorang Muhammadiyah. “Sedangkan sahabat dan keluarga saya sendiri seluruhnya mengikuti penetapan yang dilakukan pemerintah,” jelasnya.

Karena itu menurut dia, meski hari ini sudah berlebaran namun berkunjung ke rumah tetangga dan keluarga baru bisa dimulai Sabtu (13/10). “Tidak mungkin saya berkunjung ke rumah orang yang sedang menunaikan ibadah puasa,” tambah dia lagi.

Lain halnya dengan Buhanuddin (43) seorang Muhammadiyah yang seluruh keluarganya sudah lebaran mulai hari ini. “Saya hari ini sudah bisa berkunjung ke rumah saudara-saudara karena mereka juga sudah berlebaran,” tukasnya.

Tapi untuk berkunjung ke rumah tetangga harus lihat-lihat dulu. “Untuk tetangga yang masih berpuasa ya terpaksa dilakukan besok hari. Sedangkan tetangga yang sudah berlebaran hari ini, akan kita kunjungi hari ini,” jelasnya.(Ad)

 

Posting Terkait