Harga Bawang Merah Melambung, Tomat Malah Turun

643 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Harga bawang merah di Pekanbaru saat ini melambung sangat tinggi. Jika sebelumnya dijual dengan harga Rp 12 ribu perkilogram, kini pedagang menjualnya dengan harga Rp 18 ribu. Melambungnya harga bawang merah ini disebabkan di daerah penghasilnya sedang didera musim hujan.

Musim hujan yang mendera daerah penghasil bawang merah di Jawa memang telah menyebabkan tnaman bawang petani banyak yang rusak. “Musim hujan inilah yang membuat banyak tanaman bawang merah rusak sehingga harganya jadi naik,” ujar Rahman (41) salah seorang pedagang bawang di Jalan Agusalim Pekanbaru.

Dia mengatakan bawang merah yang dijualnya memang berasal dari Jawa, tepatnya Brebes. Saat ini menurut dia, Brebes lagi dilanda musim hujan, sehingga banyak tanaman bawang petani terendam air. “Makanya bawang merah yang berasal dari sana tidak banyak lagi,” tambahnya.

Beda halnya dengan harga tomat di pasaran Pekanbaru. Harga komoditi ini justru mengalami penurunan. Jika sebelumnya harga tomat mencapai Rp 7 ribu per kilogram, kini para pedagang di pasar menjualnya dengan harga Rp 5 ribu.(Ad)

 

Posting Terkait