Gubri Paparkan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Riau

702 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ketika membuka Simposium Nasional Avian Flu, Asap dan Dampaknya terhadap Kesehatan Anak di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Senin (13/8), Gubernur Riau memaparkan arah kebijakan pembangunan bidang kesehatan yang tertuang dalam rencana strategi (renstra) dan program-program sebagai berikut:

Renstra bidang kesehatan:

– Meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk berperan serta meningkatkan pola hidup sehat dan bersih dengan memanfaatkan forum komunikasi yang sudah ada di masyarakat.

– Meningkatkan dan memelihara muti institusi pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta (Puskesmas, Rumah Sakit dan Rumah Sakit Jiwa) yang mampu berperan sebagai rujukan dan terjangkau oleh masyarakat.

– Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungan yang sehat dengan memperhatikan derajat kesehatan melalui peningkatan gizi masyarkaat, pencegahan dan rehabilitasi melalui pendekatan paradigma sehat.

– Meningkatkan peran serta masyarakat terhadap pencegahan penyalahgunaan obat-obatan, narkotika, psikotropika dan bahan berbahaya serta meningkatkan perlindungan dan pengawasan obat-obatan dan makanan serta mengupayakan rujukan pengobatan dan rehabilitasi bagi korban NAPZA (narkotika, psikotropika dan zat adiktif)

– Mengembangkan rumahsakit pendidikan yang terakreditasi dengan beberapa jenis layanan unggulan yang mampu mendukung penyiapan sumberdaya manusia yang berkualitas di bidang kesehatan

Sedangkan program bidang kesehatan meliputi promosi kesehatan, pelayanan kesehatan masyarakat, peningkatan prasarana dan sarana kesehatan, perbaikan gizi masyarakat, dan pencegahan dan pemberantasan penyakit. Selain itu pengawasan obat, makanan dan bahan berbahaya, serta pengambangan rumah sakit pendidikan. (Tony)

Posting Terkait