Aktifkan Gotong Royong dan Siskamling

698 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Camat Bengkalis M Fadli mengatakan suksesnya tidaknya pelaksanaan pembangunan, bukan hanya tanggungjawab pemerintah. Namun juga menjadi tanggungjawab seluruh lapisan masyarakat.

Untuk itu, mantan camat Bukit Batu ini mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kecamatan Bengkalis untuk bahu membahu dan berpartisipasi aktif bersama pemerintah menyukseskan pembangunan di daerah ini.

Ajakan tersebut disampaikan Fadli ketika mengadakan pertemuan dengan perangkat desa/kelurahan se Kecamatan Bengkalis di Kantor Camat Bengkalis, Jum’at (8/2). Salah satu wujud partisipasi yang dapat diberikan, terang Fadli, adalah dengan menjaga kebersihan serta keamaan lingkungan masing-masing.

Sehubungan dengan itu, kepada masing-masing perangkat desa/kelurahan di wilayahnya (termasuk ketua RW/RT), Fadli menginstruksikan untuk kembali menggalakan kegiatan gotong-royong dan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di lingkungan masing-masing.

Khusus untuk gotong royong, Fadli meminta masing-masing kepala desa/kelurahan bersama ketua RW/RT agar dapat membuat program yang berkelanjutan untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. “Misalnya melakukan gotong royong seminggu atau dua minggu sekali,” harap Fadli.

Sedangkan kepada seluruh lapisan masyarakat, Fadli berharap dapat menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka masing-masing. Misalnya, kebersihan parit atau selokan.

“Lebih-lebih pada bulan Februari ini dimana menurut perkiraan intensitas curah hujan bakal kembali tinggi. Selain untuk menghindari terjadinya banjir, hal ini juga penting untuk kesehatan. Terutama untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah,” imbuhnya.

Begitu pula dengan kegiatan Siskamling. “Akhir-akhir ini ada laporan dari masyarakat ada kecenderungan semakin maraknya pencurian. Untuk itu, guna mencegah terjadinya tindakan serupa, masing-masing RW/RT diharapkan dapat menggalakan kembali kegiatan Sismkaling di lingkungan masing-masing,” pinta Fadli.(ad/rls)

 

Posting Terkait