Yogyakarta Masih Jadi Pilihan Utama Tamatan SMA di Riau

582 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dari puluhan tahun yang lalu hingga sekarang Yogyakarta masih menjadi pilihan utama para tamatan SMA di Riau yang akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. 

Hal ini disebabkan adanya anggapan bahwa biaya pendidikan di kota ini lebih murah, begitu pula halnya dengan biaya hidup. Selain itu Yogyakarta selama ini memang sangat dikenal dengan predikat kota pendidikan.

Berdasarkan data yang dihimpun RiauInfo Kamis (12/4) dari Dinas Pendidikan Riau menyebutkan tahun ini ada 35 ribu siswa di Riau menamatkan pendidikan SMA-nya. Dari jumlah itu hanya 12.960 orang yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

Kemudian dari jumlah yang akan melanjutkan pendidikannya itu, 5.000 diantaranya memilih perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta. Tidak peduli apakah perguruan tinggi itu negeri atau swasta.

Kabag Tata Usaha Dinas Pendidikan Riau, Drs Makrum mengakui bahwa sampai saat ini Yogyakarta memang menjadi pilihan utama bagai tamatan SAM di Riau. “Selama ini kota tersebut memang dikenal memiliki banyak kelebihan dibandingkan kota lain,” ujarnya.

Selain biaya pendidikan di Yogyakarta lebih murah, biaya hidup juga murah. Disamping itu perguruan tinggi yang ada di kota ini umumnya lebih bermutu. “Makanya mereka bersaing untuk bisa menimba ilmu di Yogyakarta,” ungkapnya.(Ad)

Posting Terkait