Warga Sekitar Tidak Sia-siakan Kesempatan

719 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sehari saat memasuki bulan puasa ini, beberapa Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada di Kota Pekanbaru dipadatai pengunjung untuk berziarah. Selain itu juga, momen ini tidak disia-siakan oleh pedagang minuman dan bunga. Termasuk diantaranya tukar parkir dadakan. 

Hal ini terihat di beberapa TPU seperti jalan Lokomotif Kecamatan Limapuluh, PU jalan Gardenia Kecamatan Sukajadi, dan PU jalan Imam Munandar. PU yang ada di jalan Gardenia misalnya, dari siang hingga tengah hari pukul 12.15 Wib ini Minggu (31/8), para penziarah tampak memadati areal pemakaman.

Menurut salah seorang penziarah PU jalan Gardenia, Rianto warga jalan Durian mengatakan, ziarah sehari sebelum bulan puasa ini memang pilihan. Hal dilakukan karena kesibukannya yang Selalu bepergian ke luar kota. Sementara Rahmat warga jalan Teratai beralasan supaya doa dan ampunan oleh Allah Swt kepada salah satu orang tua yang telah lebih dahulu mendahuluinya lebuh makbul.

Sementara di luar areal TPU terlihat, para pedagang dan tukar parkir dadakan yang umumnya warga sekitar tidak menyiakan kesempatan ini. Mereka (tukang parkir, red) memberikan tempat halamannya sebagai parkir. Untuk satu buah sepeda motor dipatok Rp500 tanpa karcis. Sedangkan untuk kenderaan roda empat, Rp1.000 per unitnya.

Selain itu, para pedagang bunga untuk kuburan juga mendapat rezeki musiman. Mereka yang sebelumnya ini yang rata-rata pedagang kaki lima dan ibu rumah tangga ini mengaku, berjualan bunga kuburan dalam sehari bisa meraup Rp200.000. Bunga yang sudah terbungkus dalam pelastik tersebut dihargai Rp2.500. Berarti dalam sehari laku sebanyak 80 bungkus bunga kuburan, khususnya lima hari terakhir, kata Nurhayati salah seorang pedagang bunga kuburan di PU jalan Gardenia. (muchtiar)

 

Posting Terkait