WARGA RIAU DAPAT MENYAKSIKAN SEBAGIAN Gerhana Matahari Cincin

754 views

news8262PEKANBARU (RiauInfo) – Bertepatan dengan hari raya Imlek pada tanggal 26 Januari 2009 ini, terjadi peristiwa yang langka, Gerhana Matahari. Walaupun tidak presisi, masyarakat Riau dapat menyaksikan Gerhana Matahari Cincin (GMC) ini pada hari Senin sore pada mulai jam 15:30 WIB.

Daerah-daerah yang dilewati oleh GMC ini secara sempurna adalah Tanjung Karang (Lampung), Serang (Banten), Tanjung Pandan (Belitung), Ketapang (Kalbar), Puruk Cahu (Kalteng), dan Samarinda (Kaltim). Tempat yang paling lama mengalami GMC ini adalah Pringsewu, Lampung dengan lama fase cincin 6 menit 12 detik, yang dimulai pukul 15.19 dan mencapai puncak pada 16.41 WIB.

Disebut Gerhana Matahari Cincin karena bola Matahari yang tampak dari Bumi akan bersinar seperti cincin karena yang tertutup oleh bulan hanuya bagian tengah saja. Inilah yang membedakan dengan Gerhana Matahari Total dimana seluruh bola matahari tertutup oleh bulan.




Untuk kota-kota di Propinsi Riau, yang terjadi adalah Matahari Sabit, dimana bulan yang melewati matahari tidak persis ditengah dan hanya sebagian yang melewatinya.

Masyarakat dapat menyaksikan GMC ini mulai pukul 15:30 WIB, dan gunakan cara yang aman untuk menyaksikannya.

Cara aman mengamati GMC

1. Jangan menatap matahari secara langsung, baik sebelum, sedang, maupun sesudah gerhana karena dapat menyebabkan kerusakan pada mata yang diawali dengan berkurangnya ketajaman pandangan.

2. Gunakan peralatan yang dapat menapis cahaya yang mampu mengurangi intensitas sinar matahari, seperti kacamata khusus dengan filter matahari, bahan film yang sudah terbakar/terbuka yang sudah dimodifikasi menjadi kacamata GMC.

3. Pilih tempat pandangan bebas ke arah barat, karena GMC terjadi pada sore hari

4. Jika ragu dengan cara menggunakan alat, saksikan saja tayangan di televisi nasional

Saat ini kota Pekanbaru dan sekitarnya sedang dihadapkan pada musibah asap karhutla, mudah-mudahan pada saat terjadinya kabut asap sudah hilang dan angkasa dapat menjadi terang.

Hal lain yang mungkin menghalangi adalah cuaca musim hujan. Jika cuaca cerah, tidak mendung, dan tidak hujan, maka GMC akan terlihat dengan baik. (tony)



Kredit:
Gambar Animasi GMC: pakarfisika.wordpress.com

Posting Terkait