Warga Pematang Pudu Ikut Pelatihan Pengelolaan Bank Sampah

793 views

bank sampahPEKANBARU (RiauInfo) – sebanyak 25 warga Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Selasa (8/8) lalu mengikuti pelatihan pengelolaan Bank Sampah di Pondok Oleh-oleh Duri.

Pelatihan yang digelar PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) bekerjasama dengan yayasan Kumala dan yayasan Kehati juga dihadiri perwakilan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bengkalis dan manajemen Chevron.

Mewakili manajemen Chevron, pjs. Manager PGPA Duri Bekasap-Fakhri Zein mengatakan Permasalahan sampah sudah menjadi perhatian di beberapa kota besar di tanah air termasuk Duri.

Mencermati hal tersebut, Chevron bersama pemerintah dan mitra kerjanya menggalakkan program Bank Sampah di kelurahan Pematang Pudu. Pematang Pudu dianggap lokasi yang tepat untuk percontohan karena sudah tiga kali berturut-turut memenangkan piala Adipura sebagai kecamatan terbersih di Kabupaten Bengkalis.

Pematang Pudu meraih penghargaan kecamatan terbersih tak lepas dari peran aktif warga dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Masyarakat turut andil dalam penyediaan fasilitas lahan seluas 1 hektar untuk dibangun pusat penampungan/gudang sebagai tempat pemilahan sampah untuk selanjutnya di daur ulang.

Hasil pemilahan sampah akan dikembangkan menjadi produk daur ulang yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan hasilnya dapat menambah penghasilan masyarakat di Kelurahan Pematang Pudu dan sekitarnya.

Sementara itu, Lurah Pematang Pudu-Ade Suwirman S.STP, M.A mengatakan tingginya atensi masyarakat untuk mengelola sampah memberi semangat pemerintah dalam membantu warga mewujudkan Pematang Pudu yang bersih.

“Kami dari pemerintah berterimakasih kepada Chevron yang telah membantu dalam terwujudnya kegiatan ini. Bagaimanapun, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian” tuturnya.(rls/ad)

Posting Terkait