Warga Lakukan Ritual Tolak Hujan

784 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Bagi sejumlah warga Kota Pekanbaru, hujan merupakan hal yang merugikan mereka. Dengan alsan apapun, sejumlah warga Kota Bertuah ini terkadang melakukan tangkal hujan di lingkungan mereka. Penangkal hujan ini dipercaya dapat memindahkan awan ke lokasi lain, sehingga hujan tidak lagi bercokol di wilayah mereka.

Penangkal hujan dilakukan dengan sedehana yang disertai doa kepada yang kuasa. Entah dari mana asal-usul doa penangkar hujan yang disertai alat tradsional itu, namun pada Minggu (24/01/10) ini terbukti hujan langsung reda setelah mengguyur sekitar pukul 14.00 WIB secara tiba-tiba.

Penangkal hujan hanya perlu dua batang lidi kelapa yang ditancapkan ke tanah. Namun sebelumnya orang pintar itu terlebih dahulu melakukan serangkaian ritual terlebih dahulu. Kalangan yang kerap menggunakan jasa tolak hujan ini adalah pedagang atau pengusaha yang usahanya akan lancar jika hari tidak hujan.

Selain itu, sejumlah warga yang takut lokasi lingkungan tempat tinggal mereka kebanjiran. Orang daerah pedesan umumnya melakukan ritual tangkal hujan ini dengan alasan pertanian.(Surya)

 

Posting Terkait