Warga Desa di Riau Dapat Bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

556 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tahun ini Kementerian ESDM memberikan bantuan sebanyak 1.000 unit Pembakit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang akan dibagikan kepada masyarakat di daerah-daerah pedesaan yang jauh dari jangkauan listrik PLN.

Bantuan peralatan ini sangat penting bagi Riau untuk membantu pelayanan listrik bagi masyarakat di daerah-daerah terpentil di Riau yang belum terjangkau listrik PLN. “Dengan alat ini masyarakat di daerah terpencil itu juga bisa menikmati listrik,” ungkap Kepala Distamben Riau, Abdul Latif kepada wartawan di Pekanbaru.

Dia menyebutkan, kemungkinan jumlah seribu unit ini nantinya akan ditambah menjelang pertengahan tahun. “Tahun lalu kita dapat bantuan Rp 1.600 unit, padahal awalnya kita direncanakan hanya mendapat 1.200 unit,” ujarnya.

Selain memanfaatkan pembangkit listrik tenaga surya itu, Distamben Riau juga akan berusaha mencari energi alternatif untuk membantu listrik daerah terpencil itu. Misalnya mengembangkan listrik mikro hidro dengan sistem swakelola dengan masyarakat desa.(ad)

Posting Terkait