Wali Murid Sesalkan Sekolah Kurang Peka Terhadap Kesehatan Muridnya

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejumlah wali murid dari sejumlah SD di Pekanbaru menyesalkan kurang pekanya sekolah terhadap kesehatan murid-muridnya. Ini terkait masih dilakukannya kegiatan olahraga di luar ruangan, padahal kabut asap Sabtu (1/8) ini sedang menggila.

Padahal Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru telah menyatakan kondisi udara di kota ini sudah tidak sehat sehingga menghimbau masyarakat agar mengurangi aktivitasnya di luar ruangan. Sebab dampak kabut asap ini bisa menimbulkan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan penyakit lainnya.

“Nyatanya himbauan tersebut sama sekali tidak dipedulikan pihak sekolah, terutama SD. Sampai saat ini mereka tetap melakukan senam dan kegiatan olahraga lainnya di luar ruangan,” ungkap Warsito (37) salah seorang wali murid yang anaknya bersekolah di sebuah SD di kawasan Gobah.

Dia mengatakan, kalau para guru punya kepedulian terhadap kesehatan anak-anaknya, pasti akan tanggap pada himbauan Diskes tersebut. “Tapi nyatanya mereka tidak mau peduli, anak-anak tetap disuruh berolahraga di luar ruangan,” tambahnya dengan nada prihatin.

Pernyataan yang sama juga diungkapkan Ny Yoanna, warga Jalan Limbungan, Rumbai. Dia mengataku heran melihat kurangnya kepedulian sekolah terhadap kesehatan anak didiknya dengan tetap mewajibkan anak-anak berolahraga dalam kondisi udara yang tidak sehat ini.

“Mungkin karena yang mereka didik itu bukan anak-anaknya sendiri, makanya mereka merasa tidak punya kewajiban menjaga kesehatan anak-anak tersebut,” ungkapnya. Itu sebabnya Ny Yoanna mengaku prohatin dengan kondisi pendidikan sekarang ini.(ad)

Rizki: