Wako Pekanbaru Resmikan Penggunaan Bus Air “Senapelan”

782 views

Bus airPEKANBARU (RiauInfo) – Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Kamis (29/10) meresmikan penggunakan bus air “Senapelan” di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru. Dengan telah diresmikannya bus air tersebut, mulai Jumat (30/10) telah bisa beroperasi penuh mengangkut penumpang.

Saat meresmikan penggunaan bus air itu, Firdaus MT mengatakan saat ini masyarakat din Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir akan lebih mudah menyeberang jika hendak ke pusat kota untuk berbagai keperluan.

Masyarakat tidak perlu khawatir tarif moda transportasi air ini akan lebih mahal dibandingkan transportasi darat, karena Pemko Pekanbaru sendiri sudah memberikan subsidi sebesar Rp25 ribu perpenumpang.

“Dengan diberikannya subsidi sebesar Rp25 ribu per penumn\pang, maka seharusnya tarif angkuran menuju Okura mencapai Rp40 ribu, sekarang masyarakat cukup membayar sebesar Rp15 ribu sekali jalan,” ujarnya.

Dijelaskan, bus air Senapelan ini diperuntukkan untuk melayani rute Pelabuhan Sungai Duku, Pelabuhan Pelindo, Meranti Pandak atau Kampung Bandar, PLTU Tenayan Raya dan Pelabuhan Melebung dalam sekali jalan, lalu merapat kembali ke pelabuhan Sei Duku dengan melewati rute-rute yang semula dilalui.

Dalam kesempatan ini, Firdaus berharap dunia usaha juga bisa ikut ambil bagian dalam menambah armada angkutan air khusus untuk biro perjalanan wisata air. Pasalnya fungsi dari peluncuran bus air ini ada dua, disamping sebagai transportasi bagi masyarakat Okura dan Melebung. Juga dapat dijadikan sebagai wisata air.(ad)

Posting Terkait