Wabah Cikungunya Serang Warga Rohul dan Okura

564 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wabah cikungunya kini menyerang warga Rokan Hulu (Rohul) dan Okura (Pekanbaru). Sepanjang bulan Maret lalu di Rohul sudah tercatat sebanyak 68 warga terkena penyakit yang ditulakan oleh nyamuk tersebut.

Sedangkan di Okura jumlah penderita cikungunya berjumlah 18 orang. Untuk menanggulangi penyakit ini, Dinas Kesehatan Pekanbaru telah melakukan pengasapan di pemukiman warga untuk membasmi nyamuk-nyamuk yang menyebarkan penyakit tersebut.

“Kami sudah sisir semua kawasan di sana dan melakukan fogging. Kita juga telah melakukan pencegahan dan pengobatan semua warga yang terserang cikungunya,” ungkap Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit, Wabah dan Bencana Diskes Pekanbaru, M Napiri di Pekanbaru.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Rohul, H Wildan Aspan Hasibuan mengatakan, serangan cikungunya ini diperkirakan masuknya dari kabupaten Kampar. Pasalnya korban pertama adalah warga Kabun yang kemudian menyebar ke warga lainnya.

Untuk mencegah menyebaran penyakit ini pihaknya telah menghimbau masyarakat untuk melakukan gerakan 3 M yakni menguras, menutup dan mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air. Masyarakat diminta segera mendatangi puskesmas jika terkena penyakit ini.(ad)

Posting Terkait