Vaksin Manginitis Tetap Berlaku Tahun Ini

563 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Vaksin manginitis yang dari enzim babi masih tetap diberlakukan bagi jamaah calon haji 2009 ini. Departemen agama menegaskan jika ada jamaah yang merasa ragu dengan vaksin tersebut dipersilahkan menunda keberangkatannya tahun 2010 mendatang. Sesuai dengan kebijakan tersebut, Departemen Kesehatan menjanjikan vaksin alternatif yang lebih aman pada 2010.

Kepala Bidang Haji Zakat dan Wakaf Depag Riau Jalaluddin mengatakan, keputusan menggunakan vaksin manginitis tersebut telah dibenarkan oleh Depag untuk tahun ini.

“Sesuai dengan himbauan Depag RI dan menyusul Depkes RI, maka Depag tidak melarang para jamaah calon haji yang merasa ragu dengan vaksin itu untuk menunda keberangkatannya pada 2010 mendatang. Karena Depkes RI dan Depag baru akan mengusahakan vaksin alternatif pada tahun depan,”ungkap Jalaluddin kepada RiauInfo.

Menurut jadwal, Depag telah menentukan seluruh jamaan calon haji harus menggunakan vaksin manginitis sesuai dengan syarat visa. Dimana pemerintah Arab Saudi menyatakan syarat visa tersebut beserta dengan vaksin manginitis.

“Jadwalnya pada 6 Agustus 2009 ini telah diproses semua visa di Jakarta. Dengan arti lain., seluruh jamaah calon haji telah dipastikan mendapatkan vaksin manginitis dari Dinas kesehatan masing-masing daerah saat pemberian visa sesuai jadwal tersebut. Vaksin manginitis ini syarat visa dari Arab Saudi dan telah diberlakukan oleh 77 negara,”ungkap Jalaluddin.(Surya)

Posting Terkait