UNRI Sosialisasikan Komunitas ASEAN Lewat Seminar 06 Sep 2007 15:48 wib surya

PEKANBARU (RiauInfo) – Ada tiga cita-cita yang akan diwujudkan ASEAN sebagai negara yang secara ekonomi terpojokkan dari negara-negara besar dunia. Kekuatan yang akan menyeratakan ASEAN dalam perkembangannya.

Selain pembentukan ASEAN Charter, juga akan melakukan pembentukan sebuah komunitas ASEAN yang semulanya direncanakan terbentuk tahun 2020 mendatang. Melihat berbagai perkembangan perekonomian ASEAN cukup signifikan, maka pembentukan komunitas ASEAN dipercepat menjadi tahun 2015.

Komunitas tersebut diantaranya Komunitas Ekonomi, Komunitas Keamanan dan Komunitas Sosial Budaya. Universtas Riau melalui Fisipolnya bekerjasama dengan Departemen Luar Negeri RI melaksanakan seminar “Perkembangan Kerjasama ASEAN dan Pembentukan Komunitas ASEAN 2015,” di Pekanbaru.

“Sebenarnya pembentukan Komunitas ASEAN telah diawali sejak KTT ASEAN X di Bali tahun 2003 dan pada KTT ASEAN XII di Philipina pada Januari 2007, pada masa itu disepakati bahwa pembentukan komunitas ASEAN akan dilaksanakan pada tahun 2015,” ujar Ashaluddin Jalil, usai menghadiri seminar Perkembangan Kerjasama ASEAN dan Pembentukan Komunitas ASEAN 2015, Kamis (6/9) di Hotel Pangeran, Pekanbaru.

Rektor Universitas Riau (UNRI) Pekanbaru tersebut juga mengatakan, Pembentukan Komunitas ASEAN bertujuan utuk mempererat integrasi ASEAN dan mempermudah penyelesaian permasalahan yang dihadapi oleh Negara anggota tanpa meninggalkan prinsip utama dalam ASEAN.(Surya)

 

Rizki: