Unri Kembangkan Perkebunan Buah Naga

879 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Buah naga adalah buah yang banyak mengandung khasiat yang bisa mencegah dan mengobati penyakit seperti diabetes dan penyakit kanker. Tanaman dengan buahnya berwarna merah dan bersisik hijau ini merupakan pendatang baru bagi dunia pertanian di Indonesia dan merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan pengembangan tanaman buah naga sangat bagus dibudidayakan didaerah tropis seperti di Indonesia .


Tanaman atau perkebunan buah naga saat ini sangat sulit ditemukan, apalagi didaerah perkotaan seperti kota pekanbaru. Namun kini perkebunan buah naga ada di Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Riau (Unri), yang memiliki agrowisata buah naga dengan nama in fakatur agribisnis.Nurkholis adalah pengelola perkebunan ini mengatakan, pada awalnya penjagaan dan perawatan terhadap tanman ini memang agak sulit karena lahan pekebunan ini lumayan luas sekitar 500 hektar. Selain itu setiap tanaman ini memlukan kayu yang kuat dan tahan lama yang dijadikan sebagai penopang atau panjatan pohon naga.

Tamanan naga harus dirawat setiap bulan yaitu dengan memangkas daun-daunnya pada setiap bulannya. Tetapi setelah sekain lama ia merawatnya ternyata tidak begitu rumit dalam menjaga dan merawat tanaman buah naga ini, ujarnya.

Nurkholis juga mengatakan untuk pemangkasan daun buah naga ini sering dilakukan oleh mahasiswa Unri, khususnya mahasiswa pertanian dalam rangka pratikum kulyah mereka. Tamanan buah naga ini sudah pernah dipanenkan, tetapi belum pernah dipasarkan ataupun dijual kemana pun karena belum menadapt izin dari pihak fakultas.(riya)

Posting Terkait