UNDANG KALANGAN UMUM, PELAJAR HINGGA PNS… KPU Riau Mulai Sosialisasi Pilpres

517 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau mulai melakukan sosialisasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009, Jumat (5/6) ini di Pekanbaru. Selain memaparkan cara melakukan pencontrengan yang benar pada surat suara Pilpres, KPU Riau juga menjelaskan berbagai masalah seperti masalah jadwal, teknis kampanye dan penambahan DPT, pengurangan TPS dari data Pemilu legislatif yang lalu.

Tampil sebagai pembicara dari KPU Riau, Dra Lena Farida MSi, DR Alimin Siregar MSi, Tengku Edi Sabli, Asmuni SH. Sementara dari peserta hadir juga acara perwakilan Diskominfo Riau, Badan Kesbangpolinmas Riau, Polda Riau, Ormas/LSM, Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Pekanbaru.

Lena Farida menjelaskan tentang materi dan sosialisasi tata cara pemungutan Suara. Pada kesempatan tersebut ia menerangkan tentang bagaimana melakukan pencontrengan yang benar, sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan Pemilu.

“Untuk pencontrengan surat suara hanya ada satu kali, yakni bisa pada nomor urut pasangan, gambar Capres atau Cawapres atau boleh juga pada nama calon. Sementara jika ada tanda selain tanda contreng seperti kali atau silang, tanda strip, tanda kurang, dan lainnya, maka dianggap tidak sah,” kata Farida menjelaskan.

Sementara pembicara KPU lainnya seperti Alimin Siregar memaparkan tentang tahapan Pemilu. Sedangkan Tengku Edi Sabli menjelaskan pedoman tekhnis Pemilu. Pada sesi terakhir tentang pengaturan kampanye dipaparkan oleh dan Asmuni.

Pada Sesi tanya jawab, para peserta antusias melakukan pertanyaan. Dari masing-masing pertanyaan umumnya mempertanyakan seputar teknis Pemilu serta bentuk-bentuk pelanggaran lainnya. Hingga pukul 12.30 Wib acara Sosialisasi Pilpres dari KPU tersebut berakhir.(Surya)

Posting Terkait