UMKM Binaan Chevron Raih Penghargaan

693 views

PEKANBARU (RiauInfo) – UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) binaan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota Dumai. Usaha Dodol Nenas di Kelurahan Mundam terpilih sebagai peraih peringkat II Lomba Produk Unggulan UMKM Kota Dumai yang diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Dumai yang ke-12. UMKM tersebut berhasil merintis pengembangan produk olahan atas potensi yang dimiliki daerah, yakni buah nenas yang identik dengan Kota Dumai.


’’Program-program pengembangan masyarakat kami bertujuan mendorong terciptanya kemandirian masyarakat dengan mengembangkan potensi lokal. Dalam pelaksanaannya, kami selalu berupaya mengedepankan prinsip kemitraan, termasuk untuk Dodol Nenas Mundam ini,’’ jelas Ario Dewayanto, Team Manager PGPA CPI Dumai.

Pendampingan usaha dodol nenas terhadap warga Kelurahan Mundam itu dilakukan PT CPI bekerja sama dengan PNPM Mandiri. ’’Kami sangat berharap program semacam ini dapat terus berkelanjutan dan menjadi sumber inspirasi bagi Kelompok Swadaya Masyarakat lainnya,’’ ujar Ario.

Usaha dodol nenas ini dijalankan oleh lima anggota tetap yang diketuai Sri Umami, warga Jl. Muslim RT 01, Kelurahan Mundam, Dumai. Mereka dibantu enam orang lainnya yang membantu proses pengemasan (packaging). Pemasaran produk ini saat ini masih terbatas di Kota Dumai. ’’Kami menitipkan ke beberapa toko, dan kami tengah berupaya mengembangkan jangkauan pemasarannya,’’ tutur Sri Umami.

Dumai Expo 2011

Dalam peringatan Hari Jadi Kota Dumai pada tahun ini, CPI juga berpartisipasi dalam Dumai Expo yang berlangsung selama sepekan, mulai 27 April hingga 3 Mei 2011. Anjungan CPI menampilkan materi-materi poster dan slideshow tentang berbagai teknologi yang selama ini menjadi salah satu keunggulan operasi CPI, seperti teknologi injeksi air (water flood) dan injeksi uap (steam flood). Tidak hanya itu, saat ini Chevron tengah mengujicobakan alternatif teknologi lainnya, yakni surfactant, untuk optimalisasi recovery di Lapangan Minas.

Seusai acara pembukaan yang berlangsung pada Rabu malam lalu (27/4), Wali Kota Dumai Khairul Anwar SH melakukan kunjungan ke arena expo, termasuk ke anjungan CPI. Wali kota mendapatkan penjelasan singkat mengenai keunggulan operasi CPI melalui berbagai terobosan teknologi, program pengembangan masyarakat, serta jenis-jenis batuan dalam reservoir.

Pengunjung juga dapat melihat contoh batu-batuan di reservoir untuk memahami bahwa lokasi minyak di dalam bumi bukan berupa seperti danau atau baskom. Tapi, minyak berada di pori-pori kecil batuan. Pemahaman ini sangat penting untuk diketahui lantaran banyak anggapan bahwa lokasi minyak di dalam bumi seperti danau sehingga jika minyak diambil, permukaan tanah akan amblas.(ad/rls)

Posting Terkait