UMK Pekanbaru Idealnya 1 Juta

PEKANBARU (RiauInfo) – Jika mengalami kenaikan, Upah Minimum Kota (UMK) tahun 2009 mendatang dipridiksi tidak lebih dari 6 persen saja. Namun menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Riau, H Hamdani Tarigan beberap waktu lalu mengatakan, ditangah susahnya perekonomian saat ini akibat krisis global tidak tertutup kemungkinan UMK tahun 2008 sebesar Rp825.000 akan jalan ditempat hingga 2009 mendatang. 

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Muhamad Fadri AR tetap berharap UMK saat ini (2008, red) akan mengalami kenaikan setidaknya pada standar kehidupan layak kota Bertuah ini, ujarnya.

Ia berasalan, dengan kondisi harga yang serba melambung, masyarakat tidak mungkin bisa mengunakan penghasilan yang berpatok UMK tahun sebelumnya (2008 ini). Apalagi masih banyak tempat-tempat usaha yang menggaji di bawah UMK.

Upah idel yang menurut Fadri sebesar 1 juta rupiah, sebutnya di Balai Payung Sekaki Kamis (20/11).

Meski demikian, ia pun menilai, permasalahan ini cukup dilematis. Disatu sisi para pengusaha sekarang terkena dampak krisis global, disisi lain para pekerja memimpikan kesejahteraan.(muchtiar)

 

Rizki: