UKM Dapat Perhatian Pemprov Riau

570 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski selama ini selalu dianggap remeh, ternyata sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Riau menjadi salah satu penggerak perekonomian yang cukup penting bagi Riau. Hal ini membuat Pemprov Riau terus memperhatikan perkembangan UKM tersebut. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Riau Drs Emrizal Pakis dalam keterangannya Kamis (8/2) di Pekanbaru mengatakan, Pemprov Riau akan berusaha keras untuk mengembangkan UKM ini, karena dinilai telah banyak mempengaruhi perekonomian Riau.

Dia mengakui, selama ini bantuan terhadap UKM dan koperasi memang terbilang tak terlalu besar dalam satuan kerja terkait, namun bantuan dari sisi lainnya cukup banyak diberikan. “Bantuan itu misalnya berasal dari Disperindag, perbankan pemerintah hingga BUMD,” ungkapnya.

Emrizal menyebutkan, bantuan kepada UKM dan koperasi tak terbatas pada satu satuan kerja (satker) saja. Di antara bantuan untuk UKM adalah yang terdapat pada BUMD, seperti PT PER (Permodalan Ekonomi Rakyat).

Dari PT PER misalnya, dikelola dana untuk pinjaman modal bagi UKM sebesar Rp60 miliar. Dana itu dialokasikan untuk pengembangan UKM dan usaha mikro lainnya yang dapat dikembangkan sedemikian rupa. “PT PER banyak membantu membangkitkan perekonomian masyarakat miskin dan UKM,” ujar Emrizal.

Selain itu, bagi UKM yang ingin maju dan berkembang dalam membiayai usahanya, namun tak ada aset yang bisa dijaminkan, terdapat juga BUMD milik Riau berupa PT Sarana Penjaminan Riau (SPR). Pada SPR ini, masyarakat dapat meminjam sejumlah dana kepada perbankan untuk melanjutkan usahanya tanpa perlu ada agunan atau aset yang menjadi jaminan.(Ad)

 

Posting Terkait