Tujuh Keindahan Riau

640 views

SEMPAT TERGELITIK membaca daftar tujuh keajaiban dunia pada new7wonders.com . Tidak ada Borobudur di dalam daftar tersebut! Pada daftar 21 finalispun Borobudur tidak terdaftar sebagai bangunan dunia yang mengagumkan. Pada daftar 21 finalis tersebutpun Borobudur bahkan kalah oleh Sydney Opera House yang terbilang lebih muda karena dibangun pada abad ke 20 atau tahun 1950an. Hilangnya Borobudur dari tujuh keajaiban dunia tersebut sangat sangat disesalkan

Saat ini 7wonders of the world sedang melakukan polling the new 7 wonders of nature untuk mencari tujuh keajaiban alam dunia. Indonesia dengan Taman Nasional Komodonya beruntung masuk daftar finalis yang bisa dipilih.

Membaca itu tentunya kita berpikir juga untuk kelangsungan Riau di masa yang akan datang. Saat ini saja banyak hasil seni budaya, bangunan dan alam yang menarik bahkan mengagumkan di Riau yang tidak dikenal di Indonesia, apalagi di dunia.

Pemerintah Riau perlu memetakan dan menggali potensi kepariwisataan Riau dengan menentukan daerah, seni budaya dan peninggalan-peninggalan bersejarahnya dengan melibatkan masyarakat Riau sendiri.

Salah satu langkah yang sebenarnya mudah tetapi memiliki pengaruh dan efek yang luar biasa nantinya adalah melibatkan masyarakat dalam suatu polling. Dalam polling tersebut masyarakat Riau diajak untuk menentukan Tujuh Keindahan Alam Riau dan Tujuh Keindahan Warisan Riau (hasil seni budaya dan bangunan). Polling ini akan menghasilkan daftar asset-asset yang mengagumkan pilihan masyarakat dan dapat digunakan sebagai dasar perkembangan pariwisata Riau.

Tugas Pemerintah Riau setelah pooling ini adalah melakukan dan menggalakkan pemeliharan, pengembangan dan promosi ke seluruh Indonesia bahkan dunia.

Mungkin nantinya akan ada kecemburuan dari daerah-daerah yang juga memiliki potensi keindahan warisan budaya dan alam yang menarik bahkan mengagumkan tetapi tidak masuk dalam daftar tersebut. Saatnya untuk berpikir jernih dengan menyadari bukankah apabila suatu komoditi (wisata) yang menarik tidak dikemas dan dipromosikan dengan benar dan menarik maka keindahan tersebut hanya akan tinggal keindahan yang tidak dikenal? Dan itulah gunanya menemukan pekerjaan rumah yang sebenarnya yang harus dikerjakan dan diselesaikan dengan serius dan benar.

Sekali lagi kita harus berpikir jernih dan berusaha melakukan tugas mulia untuk kemajuan wisata di seluruh Riau sehingga asset-asset Riau yang mengagumkan dapat dibanggakan karena dikenal tidak hanya di Indonesia tetapi seluruh dunia.

Ari Satoto
email: sangadi_pas@yahoo.com

Posting Terkait